1)
Pengertian Komunikasi Audio Komunikasi Audio Video
Komunikasi Data
a.
Komunikasi
Audio
Media komunikasi audio adalah suatu
alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh :
telepon, radio dan tape recorder.
Keuntungan menggunakan fasilitas
komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang
berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang
bersamaan.
b. Komunikasi Video
Media komunikasi video adalah
suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau
penglihatan ,komunikasi memungkinkan semua orang untuk bertemu pada saat
yang sama tidak peduli zona waktu, komunikasi video memungkinkan anda untuk
melakaukan sesuatu tampa harus bertemu dengan si received atau si penerima,
anda bisa mengirim dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapa pun
dengan cepat , contoh : seperti televise/TV ,misalkan ada sbuah acara
berita tau NEWS, yang menyampaikan hasil informasi yang mereka dapatkan ,dan
dapat di beri taukan kepada siapapun secara visual atau video, dengan
menggunakan media komunikasi video.
c. Komunikasi Audio Video
Komunikasi audio Visual adalah
ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa
pengolahan-pengolahan pesan-pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari
individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Contohnya
seperti televise,VCD player,DVD player,computer dan lain-lainnya yang bisa di
gunakan untuk memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi pesan dan
informasi tersebut. Bentuk aplikasinya dari komunikasi visual itu bias
berbentuk film yang bersifat entertain maupun informative dan iklan seperti
yang kita sering lihat di televise.
d.
Komunikasi
Data
Komunikasi data adalah proses
pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran
transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara komputer dengan
komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi
data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan
data.
2) Konsep Komunikaasi Audio Video
Media berarti wadah atau sarana. Dalam
bidang komunikasi , istilah media yang sering kita sebut
sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media
komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat.
Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi
pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media
komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra
yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media
audio-visual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran
(penonton). Produk audio-visual dapat menjadimedia dokumentasi
dan dapat juga menjadi media
komunikasi. Sebagaimedia dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah
mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai media
komunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak
elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar dapat
mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, mediapembelajaran adalah
contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsikomunikasi.
media dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media
komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka
produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media
komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia. Komunikasi audio video
atau Komunikasi audio-visual adalah suatu alat komunikasi yg dapat
ditangkap melalui pendengaran dan penglihatan( Visual ).
3) Kebutuhan Komunikasi Data
a. Analisis
dan Peninjauan Lapangan
Cara menganalisis dan peninjauan lapangan untuk membangun
jaringan telekomunikasi yaitu dengan melakukan tinjauan daerah yang akan
dilalui jaringan seperti medan area, jarak antar pemakai dan lain
sebagainya. Karena hal-hal tersebut sangat mempengaruhi cara membangun jaringan
telekomunikasi, baik perubahan alat yang dipakai, sampai kecepatan transfer yang
dapat digunakan jaringan tersebut.
b. Analisis
Kebutuhan Sumber Daya Telekomunikasi
Sumberdaya dalam komunikasi menjadi titik berat/pusat
perhatian oleh setiap orang yang menggunakan telekomunikasi tersebut, baik itu
client/pemakai maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut.
c.
Analisis Kebutuhan Perangkat Dalam Telekomunikasi
Selain menganalisis sumberdaya, menganalisis kebutuhan
perangkat dalam telekomunikasi juga merupakan hal penting
Cara
analisisnya diantaranya yaitu :
Meninjau/melihat perangkat
apa saja yang digunakan oleh setiap user dalam mengakses telekomunikasi. Karena
tidak semua user menggunakan alat yang sama dalam bertelekomunikasi.
Terlebih lagi dengan keberagaman alat komunikasi yang
digunakan user, juga mempengaruhi alat-alat yang mesti disediakan oleh
administrator jaringan komputer agar dapat mengkompitablekan telekomunikasi
pada perangkat user.
4) Peralatan Komunikasi Audio Vidio
a) Komputer
b) Telepon
c) Kamera
d) Speaker
e) Radio
No comments:
Post a Comment